Ekspektasi, Kontroversi Hingga Popularitas Dilan di Lingkungan Remaja Kekinian Serta Hubungan Milea dengan Pak Ridwan Kamil.
"Dilan, Dia adalah Dilanku Tahun 1990”, "Dilan, Bagian Kedua, Dia adalah Dilanku Tahun 1991”, "Milea, Suara dari Dilan.” Adalah Novel Best Seller karya Pidi Baiq yang begitu ditunggu kemunculannya sebagai karya yang dinantikan di layar lebar. Berbagai PH ternama melancarkan tawaran, godaan, cubitan, serta gorengan bertubi-tubi untuk memikat hati Ayah Pidi Baiq demi menawar Novel Dilan yang begitu fenomenal, membahana dan membabi buta tingkat popularitasnya itu. Akhirnya, Falcon Pictures mendapatkan amanah untuk merealisasikan tokoh Dilan menjadi nyata. Dan para pembajak novelnya juga sudah siap-siap untuk membajak film yang baru akan syuting 26 Juli 2017 ini.
1. Proses yang Panjang
Proses yang Panjang
instagram @film_dilan1990

Semenjak 2 tahun lalu, tokoh Milea diperkenalkan. Ayah juga mendapatkan banyak undangan makan-makan di berbagai tempat sembari menceritakan proses penulisan Novel Dilan, dan Alhamdulillah, semoga Ayah bahagia.

Sosok Vanesha Prescilla menjadi kandidat yang dinilai cakap dan cakep memerankan tokoh Milea Adnan Hussein, yang saat ini mungkin baru saja makan jeruk. Sementara, tokoh Dilan baru diperkenalkan seminggu lalu (17 Juli 2017) melalui rangkaian Press Conference yang disiapkan secara epik dan apik oleh Tim Produksi Falcon dan Max Pictures. Sementara PH lain juga sibuk menyiapkan filmnya masing-masing. Dan semoga semuanya sibuk, karena sibuk ataupun pura-pura sibuk adalah sesuatu yang keren. Maksudku, itu adalah salah satu syarat utama disayang pak Bos.

Sebelum menggelar Press Conference, Falcon mengadakan sebuah kuis agar khalayak ramai menebak siapa bakal calonnya. Nama-nama seperti Gusti Rayhan, Jefri Nichol Hingga Adipati Dolken muncul ke permukaan. Ketiganya, didapuk layak memerankan tokoh Dilan yang mampu mewakili imajinasi para pembaca setianya. Dan Nama-nama seperti Pak Ridwan Kamil, Cak Lontong ataupun Farhat Abbas sepertinya tidak masuk pilihan pemirsa. Lewat kuis itu, lebih dari 18.000 tebakan masuk memperebutkan hadiah motor CB100 yang akan menemani Dilan dan Milea menyusuri jalanan Bandung. Dan sebagaimana kuis lain, hanya satu yangg terpilih, sisanya dikabarkan baper dan tengah berupaya move on

2. Dilan Pencuri
Dilan Pencuri
instagram @film_dilan1990

Tokoh Dilan mencuri banyak perhatian kawula muda, tapi tidak pernah ada yang berani melaporkan Dilan atas tindak pencurian itu. Malah para dedek gemes begitu mengelu-elukan nama Dilan dan memutuskan dengan sepihak bahwa mereka adalah jodoh Dilan. 

Dengan popularitas demikian, Dilan menjadi kandidat terkuat untuk menggantikan Pak Ridwan Kamil sebagai walikota Bandung. Tidak hanya gayanya yang unik dan di luar pikiran remaja normal, tokoh Dilan juga selalu mengundang decak kagum dengan cara-caranya yang mengesankan dalam mendekati pujaan hatinya. Bahkan sekaliber Milea, yang tergolong bukan pemain cinta kelas anyaran pun mampu dibuat berpaling dari Beni. Ini adalah modal awal Dilan untuk memikat hati Ibu Pertiwi dan kemudian mencalonkan diri menjadi RI 1 lalu menggantikan peran pak Jokowi. Atau jika perlu, menggantikan posisi Ayah Pidi Baiq yang suka makan bakwan di luar negeri. 

3. Gambaran Sosok Dilan
Gambaran Sosok Dilan
instagram @film_dilan1990

Dilan adalah sosok penikung paling idaman tahun 90-an. Padahal saat itu usianya masih 17 tahun. Tidak hanya Susiana, bahkan wanita kawakan sekelas bi Eem pun takluk oleh pesona Dilan. Dilan adalah sosok yang unik, meski digambarkan kalah ganteng dibanding para manusia lain yang mengharap cinta Milea.

Hadirnya Dilan, seolah memunculkan idola baru selepas Era Lupus ataupun Si Boy. Lupus dan Si Boy pernah begitu melekat di hati para remaja 90-an dengan segala pesonanya, hingga para penggemar seolah maklum jika pria sekaliber Lupus dan Si Boy menjadi Playboy yang disukai para dedek gemes dan tante gemes di lingkungannya. Tapi Dilan berbeda, Dilan pintar mencuri hati dengan leluconnya yang receh namun cerdas. Dilan, di setiap lakunya juga mencerminkan karakter yang polos, apa adanya dan juga cinta sesama, sekaligus cinta sama Tuhan dan Bi Eem. Dan, satu-satunya sifat kekanakan yang dimunculkan sosok Dilan adalah suka berantem.

Selain kocak dan menginspirasi, tokoh Dilan menjelma menjadi remaja idaman yang patut dijadikan teladan. Bukan hanya karena religius serta langganan Rangking satu di kelas Fisika 1, tapi tokoh Dilan juga memberikan teladan dengan cara-cara sederhana yang menyenangkan. Seperti mengirim TTS yang sudah diisi contohnya. Atau mengirim Bi Asih untuk memijat Milea, jauh sebelum adanya layanan Go-Massage dari Go-Jek. Harusnya, dengan fakta sejarah ini, babang Nadiem Makarim memberi apresiasi kepada Dilan. 

4. Dilan Dunia Nyata
 Dilan Dunia Nyata
instagram @film_dilan1990

Terpilihnya Iqbaal CJR menjadi pemeran Dilan mencapai babak baru. Netizen bergejolak menyuarakan gemuruh di hatinya atas keputusan itu. Ada yang setuju, ada yang tidak setuju, dan ada yang sibuk menyeruput kopinya dengan riang gembira sembari membaca komen-komen para netizen lengkap dengan argumentasi masuk akalnya.

Gejolak para netizen sekaligus pro dan kontra yang muncul merupakan bukti nyata bahwa Dilan begitu dicintai para penghayat Jalan Buah Batu. "Saya tidak cemburu mas kalau ternyata Iqbaal lebih memilih Vanesha dibanding saya. Maksudku, dalam hal ini saya hanya sebagai masa lalu, dan setiap manusia berhak memperjuangkan masa depannya. Termasuk Iqbaal.” Begitulah salah satu penuturan Bidadari yang jatuh dari surga ketika ditanya pendapatnya tentang terpilihnya Iqbaal sebagai tokoh Dilan, dan kebetulan bidadari tersebut enggan menyebutkan namanya . Eaaa

5. Soundtrack Dilan
Soundtrack Dilan
instagram @film_dilan1990

Lagu "Rindu Sendiri” yang dibawakan Dilan ketika mengumumkan terpilihnya dirinya sebagai tokoh Dilan juga mengundang kekaguman baru. Sorot matanya yang tajam, serta senyumannya yang memikat menambah daya tarik setiap larik lirik yang dilantunkannya. Rasanya, soundtrack itu melengkapi deretan panjang keromantisan Dilan dalam pengungkapan rasa cinta. Seolah Dilan ingin menyatakan langsung, "Milea, kamu cantik. Gak perlu nunggu Sore. Sekarang aku sudah jatuh cinta.” Dan memang, kalau itu cinta, maka siapapun akan selalu ingin memiliki. 

6. Mimin mencoba men-tracking popularitas Dilan di dunia maya. Dan berikut laporan selengkapnya. Biar terkesan serius dalam menulis artikel ini, mimin juga melakukan proses riset yang panjang. Berikut data yang bisa mimin sajikan.
Mimin mencoba men-tracking popularitas Dilan di dunia maya  Dan berikut laporan selengkapnya  Biar terkesan serius dalam menulis artikel ini  mimin juga melakukan proses riset yang panjang  Berikut data yang bisa mimin sajikan
Sumber dari view di Youtube. Riset mendalam tim Kwikku.com. suer deh. Kita mah desain sendiri. Biar keren kayak website sebelah.

Berikut data selengkapnya.


6. Channel : Lare Alit

Judul :'IQBAL CJR' Berbelok Menjadi Aktor, Dan Akan Segera Main Film 'DILAN'

Pencapaian : 22,452 views 6 days ago 


7. Ilham Al Fathir

INI DIA! Kemesraan Iqbal "dilan" dan Vanessha "milea" LIVE IG Ngobrol Soal Film 'Dilan'

20,112 views 5 days ago 


8. Wilda Maudina 

Press Conference Film Dilan ( Iqbaal jadi Dilan? )

18,131 views 7 days ago 


9. News Flash

Dikritik Netizan, Iqbaal 'CJR' Akan Tunjukkan yang Terbaik

16,328 views 6 days ago 


10. YUNION TV

PRESSCONFERENCE PENGENALAN CAST FILM DILAN DAN IQBAL SEBAGAI DILAN

12,302 views 6 days ago 



Pantauan dari Hashtag di Instagram


1. #dilan 122,505 Post

2. #dilanku 12,117 Post

3. #dilanmilea 14,808 Post

4. #dilan1990 10,420 Post

5. #dilan1991 4,429 Post

6. #dilanku1990 2,484 Post


Dari hasil penelitian atas popularitas Dilan di atas. Besar kemungkinan Dilan akan menjadi Box Office selanjutnya. Mengalahkan Nathan, anak SMA sebelah. :D Kesimpulan ini dihitung secara mendalam dengan berbagai variabel serta premis-premis yang diukur secara matang dan gurih.




Disclaimer :

Artikel ini hanya hiburan semata. Kadang juga sejidat atau sehidung. Dan kalian jangan rindu ya, rindu itu berat. Kalian gak akan kuat. Aku sih gak keberatan, karena beratku cuma 50 Kg. Maka, biar aku saja yang rindu. 

Sedang Memuat Komentar...
Reza Rahadian Tak Mempermasalahkan Netizen Sebut Dirinya Tak Mirip Dengan Benyamin. Ini Alasannya!
Sandiaga Uno Sebut Sosok Benyamin Sebagai Legenda Ekonomi Kreatif
12 Momen Kedekatan Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla Saat Produksi Film Dilan 1990. Bikin Rindu!
Bikin baper dan rindu, potret kebersamaan Vanesha dan Iqbaal ini romantis abis!
Demi Peran Dilan, Iqbaal Dhiafakhri Sampai Rela Lakukan Ini
Promo di Depok Tanpa Dilan, Cast Tetap Semangat!
Bikin Perut Kram, Meme Dilan Ini Kocak Tiada Duanya!
Selain meme Dilan dan Milea di angkot, ragam meme tentang Dilan mulai bermunculan. Yang ini bikin perut kram!
Bersiap Meleleh Ditemani Dilan dan Milea 25 Januari 2018 Nanti!
Sissy Priscillia Siapkan Diri Tonton Debut Akting Vanesha di Film Dilan 1990
Dampak Dilan 1990, Film Lain Dimundurkan Jadwal Rilisnya
Pidi Baiq Bocorkan Fakta Tentang Dilan dan Milea. Benarkah Mereka Sudah Menikah?
Tak banyak yang tahu tentang fakta Dilan dan Milea. Namun Pidi Baiq sengaja membocorkannya!