Dilan itu Adalah Pidi Baiq Sendiri. Benarkah?
Banyak yang bertanya-tanya, siapakah sosok Dilan di dunia nyata? Ini jawabannya!
1. Pidi Anak Seni Lukis ITB, Dilan Suka Menggambar

Meski seorang penulis, namun nyatanya Pidi Baiq bukanlah anak sastra melainkan alumni seni lukis ITB. Pantas saja jika selama ini ia memiliki pemikiran yang absurd namun sarat akan makna. Sama halnya dengan Dilan yang suka sekali menggambar hingga hasil karyanya sering dimuat di Koran Tempo. 

2. Imam The Panas Dalam

Pada suatu waktu, sekelompok mahasiswa jurusan seni lukis ITB sedang gundah akan pemerintahan Soeharto. Akhirnya, Pidi Baiq mengumumkan terbentuknya sebuah negara baru bernama The Panas Dalam Serikat, dan ia sendiri yang menjadi imam besar.

Jiwa pemberontak dan kritisnya inilah yang sama dengan Dilan. Pemuda Bandung itu memiliki pemikiran kritis dan selalu membela yang diyakininya benar. Tak ayal, jika kekasih Milea ini membuat sebuah perkumpulan bersama Piyan, Akew, dan teman-teman lainnya.

3. Suka Bermusik

Selain jago melukis dan menulis, Pidi adalah seorang musisi. Lagu-lagu ciptaannya memiliki lirik yang penuh akan nilai, dan sindiran. Ia bahkan memiliki grup band namanya, The Panas Dalam. Begitu pula dengan Dilan yang jago main gitar dan bermusik. Kata Bunda, Dilan punya grup band.


4. Suka Sastra dan Buku

Pidi Baiq dikenal melalui karya-karyanya yang unik, menarik dan bernilai. Tentu saja ia mencintai sastra dan kerap kali menciptakan kata-kata indah yang sulit diduga. Dilan pun demikian, cowok ini sangat suka sekali membaca. Kecintaanya pada buku dan sastra bisa dilihat dalam koleksi di kamarnya. Bahkan ia sangat jago membuat puisi! 

5. Sama-Sama Anak Geng Motor

Para geng motor di Kota Bandung tidak ada yang tidak mengenal sosok Pidi Baiq. Sebab, penulis yang biasa disapa ayah ini telah bergabung bersama mereka sejak puluhan tahun lamanya. Hingga kini, Pidi masih aktif di dunia geng motor dan telah menjadi senior.

Begitu pula dengan Dilan yang memiliki geng motor bersama Piyan dan Anhar. Ia kerap kali mengendarai CB100 dan telah terlibat dalam sejumlah perkelahian bersama kawan-kawan geng motornya.

6. Lahir di Tahun 1972

Pidi Baiq dilahirkan di Bandung pada 8 Agustus 1972. Kini ia telah berusia 45 dan sukses menelurkan sejumlah buku. Dalam novel ciptaannya berjudul Dilan, ia menulis sosok kekasih Milea itu lahir pada tahun 1972 juga.

Jadi, menurut kamu Dilan adalah Pidi Baiq, bukan? (ind)


Sedang Memuat Komentar...
Promo Film Dilan 1990 di Depok, Penggemar Padati Studio. Begini Potretnya!
Meski tanpa Iqbaal Ramadhan, namun promo film Dilan 1990 berjalan lancar dan berlangsung meriah.
Gaya Busana Tahun 90-an Para Pemeran Film Dilan Bisa Jadi Inspirasi Pecinta Old Fashion
Film Dilan 1990 telah dinanti-nantikan oleh para penggemar. Tak hanya menyajikan kisah remaja 90an yang menarik, film ini juga menghadirkan fashion di kala itu. Cocok banget nih untuk para pecinta old fashion!
Dipersatukan Dalam Satu Project Film, Iqbaal dan Vanesha Akui Sudah Lama Kenal
Takjub! Film Dilan 1990 Siap Tayang di 4 Negara, Salah Satunya Australia
Dilan 1991 Akan Penuh Emosi, Fajar Bustomi Hati-hati Garap Sekuelnya
Teaser Trailer dan Poster TTM Beredar, Siapakah yang Cocok Dengan Vanesha Prescilla? Ini Kata Netizen!
Jika Film Dilan 1990 Tembus 7 Juta Penonton, Janji Vanesha Ini Bikin Gempar! Beneran Sudah Jadian dengan Iqbaal?
Sebelum Nonton Dilan di Layar Lebar, Lebih Dekat Dengan Novel Triloginya, yuk!
Dilan dan Milea akan segera hadir di seluruh bioskop Indonesia. Nah, sebelum melihat sosoknya seperti apa, lebih dekat dulu yuk dengan novel triloginya!
Sekuel Dilan Akan Dibuat, Produser Berikan Bocoran Untuk Dilan 1991
Gala Premiere Dilan 1990 di Bandung, Para Cast Dijamu oleh Ridwan Kamil di Pendopo